Peringatan Hari Kartini SMP N 1 Sluke.. Diisi dg aneka lomba..

hmm Amazing.. sukses dan Bravo selalu buat SMPN 1 Sluke..

Sesi Pembukaan Penataran

di Hotel Lorin Syariah Solo', biarpun lagi spaneng, tapi tetep axiz aja khan?? Pak Wahononya lagi dapet orderan udang windu kanyaknya nih, ato Batu AKIK Pak?

Kumpul Kangen Keluarga besar anak didik SMPN 1 Sluke

Moment Indah Inthan Phutriy bersama Auldya Lestari, ÇHúèxz, de-eL-eL di SMPN 1 Sluke.

Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013

Tingkat SMP Bagi Tim Pengembang Kurikulum 2013 se Kabupaten/Kota Jawa Tengah.

Moment Ekspresi Diri yang Apik

Gladi bersih Pelatihan Persiapan Terbang ke Bulan..

Jumat, 18 Desember 2015

Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Lengkap

Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan
Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan




 Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan
Definisi Pendidikan Kewarganegaraan Menurut Para Ahli
 Azyumardi Azra:

“Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan yang mengkaji dan membahas tentang pemerintahan, konstitusi, lembaga-lembaga demokrasi, rule of law, HAM, hak dan kewajiban warganegara serta proses demokrasi.”

Pendidikan demokrasi menyangkut: Sosialisasi; Diseminasi dan aktualisasi konsep; Sistem; Nilai; Budaya; dan Praktek demokrasi melalui pendidikan.

Pendidikan HAM mengandung pengertian,
“sebagai aktivitas mentransformasikan nilai-nilai HAM agar tumbuh kesadaran akan penghormatan, perlindungan dan penjaminan HAM sebagai sesuatu yang kodrati dan dimiliki setiap manusia”.

Zamroni:
“Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan demokrasi yang bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat berpikir kritis dan bertindak demokratis.”

Merphin Panjaitan:
“Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan demokrasi yang bertujuan untuk mendidik generasi muda menjadi warganegara yang demokratis dan partisipatif melalui suatu pendidikan yang dialogial.”

Soedijarto:
“Pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan politik yang bertujuan untuk membantu peserta didik untuk menjadi warganegara yang secara politik dewasa dan ikut serta membangun sistem politik yang demokratis.”

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendidikan kewarganegaraan adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang pemerintahan, kionstitusi, lembaga demokratis, HAM, dan masih banyak lagi. Yang mempunyai tujuan untuk mempersiapkan masyarakat Indonesia menjadi rakyat yang dapat bersikap demokratis (dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat).


Pada hakekatnya pendidikan adalah upaya sadar dari suatu masyarakat dan pemerintah suatu negara untuk menjamin kelangsungan hidup dan kehidupan generasi penerusnya. Agar dapat membentuk kepribadian masyarakat yang cinta tanah air dan bangga terhadap negaranya. Selaku warga masyarakat,warga bangsa dan negara,secara berguna dan bermakna serta mampu mengantisipasi hari depan mereka yang selalu berunah dan selalu terkait dengan konteks dinamika budaya,bangsa,negara dan hubungan international,maka pendidikan tinggi tidak dapat mengabaikan realita kehidupan yang mengglobal yang digambarkan sebagai perubahan kehidupan yang penuh dengan paradoksal dan ketidak keterdugaan.

    Perjalanan panjang sejarah Bangsa Indonesia sejak era sebelum dan selama penjajahan ,dilanjutkan era merebut dan mempertahankan kemerdekaan sampai dengan mengisi kemerdekaan,menimbulkan kondisi dan tuntutan yang berbeda-beda sesuai dengan zamannya. Kondisi dan tuntutan yang berbeda-beda diharap bangsa Indonesia berdasarkan kesamaan nilai-nulai kejuangan bangsa yang dilandasi jiwa,tekad dan semangat kebangsaan. Semangat perjuangan bangsa yang tidak mengenal menyerah harus dimiliki oleh setiap warga negara Republik Indonesia.

    Semangat perjuangan bangsa mengalami pasang surut sesuai dinamika perjalanan kehidupan yang disebabkan antara lain pengaruh globalisasi yang ditandai dengan pesatnya perkembangan IPTEK, khususnya dibidang informasi, Komunikasi dan Transportasi, sehingga dunia menjadi transparan yang seolah-olah menjadi kampung sedunia tanpa mengenal batas negara. Kondisi yang demikian menciptakan struktur kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia serta mempengaruhi pola pikir, sikap dan tindakan masyarakat Indonesia.

    Semangat perjuangan bangsa indonesia dalam mengisi kemerdekaan dan menghadapi globalisasi. Warga negara Indonesia perlu memiliki wawasan dan kesadaran bernegara,sikap dan perilaku, cinta tanah air serta mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka bela negara demi utuh dan tegaknya NKRI.

    Landasan Hukum Pendidikan Kewarganegaraan

    UUD 1945
    Pembukaan UUD 1945, alinea kedua dan keempat (cita-cita, tujuan dan aspirasi Bangsa Indonesia tentang kemerdekaanya).
    Pasal 27 (1), kesamaan kedudukan Warganegara di dalam hukum dan pemerintahan.
    Pasal 27 (3), hak dan kewajiban Warganegara dalam upaya bela negara.
    Pasal 30 (1), hak dan kewajiban Warganegara dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
    Pasal 31 (1), hak Warganegara mendapatkan pendidikan.
    UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
    Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 43/DIKTI/Kep/2006 tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Kelompok Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi.




    Agar para mahasiswa memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajibannya secara santun, jujur dan demokratis serta ikhlas.
    Memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai kejuangan, patriotisme, cinta tanah air dan rela berkorban bagi bangsa dan negara.
    Menguasai pengetahuan dan memahami aneka ragam masalah dasar kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang akan diatasi dengan pemikiran berdasarkan Pancasila, Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional secara kritis dan betanggung jawab.

    Secara umum. Tujuan PKn harus ajeg dan mendukung keberhasilan pencapaian Pendidikan Nasional, yaitu “Mencerdaskan kehidupan bangsa yang mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, memiliki kemampuan pengetahuann dan keterampilan, kesehatan jasmani, dan rohani, kepribadian mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Serta mewujudkan Kepribadian masyarakat yang demokratis”.

    Secara khusus. Tujuan PKn yaitu membina moral yang diharapkan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu perilaku yang memancarkan iman dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri dari berbagai golongan agama, perilaku yang bersifat kemanusiaan yang adil dan beradab, perilaku yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan perseorangan dan golongan sehingga perbedaan pemikiran pendapat ataupun kepentingan diatasi melalui musyawarah mufakat, serta perilaku yang mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial seluruh rakyat Indonesia.


    Menjadi warga negara yang memiliki wawasan berbangsa dan bernegara.
    Menjadi warga negara yang komit terhadap nilai-nilai Hak Asasi manusia dan demokrasi, berpikir kritis terhadap permasalahannya.
    Berpartisipasi dalam:
    Upaya menghentikan budaya kekerasan dengan damai dan menghormati supremasi hukum.
    Menyelesaikan konflik dalam masyarakat dilandasi sistem nilai Pancasila dan universal.
    Berkontribusi terhadap berbagai persoalan dalampublic policy.
    Memiliki pengertian internasional tentangcivil society dan menjadi warga negara yang kosmopolit.



http://oloparulian.blogspot.com/2013/02/tujuan-dan-fungsi-pendidikan.html
https://wninomor1.wordpress.com
https://kewarganegaraanblog.wordpress.com/2013/10/25/definisi-pendidikan-kewarganegaraan-menurut-ahli/



Kamis, 17 Desember 2015

Download Proposal training dan Workshop motivator Indonesia

Perkembangan itu harus disadari di lembaga Formal ataupun non Formal
Perkembangan itu harus disadari di lembaga Formal ataupun non Formal





Teknologi semakin maju, begitupun dalam dunia pendidikan terus mengalami perkembangan yang begitu pesat. Berkembangnya dunia pendidikan menandakan bahwa berkembang pula pola perilaku manusia itu sendiri baik sebagai pendidik ataupun peseerta didiknya.

Perkembangan itu harus disadari di lembaga Formal ataupun non Formal, di Kampus, Sekolah, rumah ataupun di rumah. Sejalan dengan hal itu maka sudah sepatutnya kita sebagai pendidik, orang tua, dosen atau lembaga pendidikan untuk terus memantaskan diri menjadi pribadi yang berkualitas. Dengan cara apa kita melakukannya?

Dengan cara mengikuti Training & Workshop baik yang sof skill ataupun Hard Skill . Salah satu ciri sekolah, kampus, lembaga, manusia yang unggul adalah mereka yang menginvestasikan sebagian anggaranya untuk pelatihan







Kamis, 05 November 2015

Yukk, Chek Gaji dan Tunjangan Hari Tua PNS di Taspen online

http://e-klim.taspen.com/eklim/estimasi/


Bagi anda seorang PNS, jika anda bertanya-tanya tentang seberapa besarkah Tunjangan hari Tua anda dan juga berniat untuk mengetahui seberapa besar tabungan Taspen anda, silahkan berkunjung di alamat web berikut : http://e-klim.taspen.com/eklim/estimasi/

anda cukup masuk dengan masuk / login menggunakan NIP baru kemudian klik login...
Nahhh dah tau khan sekarang seberapa besarnya tunjangan hari tua anda buat anda pribadi dan anak cucu anda kelak?? semoga bermanfaat yah..

dan juga, jika anda menginginkan mempunyai nilai tabungan hari tua anda yang jauh lebih besar dan mendapatkan benefit/manfaat cuma2 berupa Kesehatan, Proteksi Jiwa seperti (kecelakaan, sakit kritis) silahkan anda bergabung di Prudential guna mendapatkan hak lebih dari ilustrasi di atas.. atau hub saya di no Telp 081331713790 guna penjelasan detailnya.. untuk guru2 di kragan dan sluke sudah banyak bergabung lhoo... ayo jangan tunggu lagi. di Prudential, anda bisa alokasi sebagian kekeyaan/pendapatan anda di :
Dana tabungan haji, Tabungan Syariah, Tabungan Hari Tua, Tabungan Pendidikan Anak dan Tabungan guna Warisan buat anak cucu tercinta anda..




Cara Cek Jadwal UKG dan Tempat Pelaksanaan UKG 2015 Lengkap


Tutorial Pembuatan bagaimana cek Jadwal Pelajaran UKG dan tempat pelaksanaa UKG 2015. semoga dengan cara ini, kita bisa lebih dimudahkan untuk mengoperasikan secara benar dan lebih praktis dalam mengimplementasikannya
semoga bermanfaat

Tutorial Pembuatan Jadwal Pelajaran dengan aSc Timetables Lengkap


Tutorial Pembuatan Jadwal Pelajaran dengan aSc Timetables Lengkap, semoga dengan cara ini, kita bisa lebih dimudahkan untuk mengoperasikan aSC Timetable secara benar dan lebih praktis dalam mengimplementasikannya
semoga bermanfaat


Tutorial lengkap Cara Mengerjakan UKG Online Tahun 2015

Panduan lengkap UGK 2015


Dalam pembahasan ini, saya akan sedikit share Panduan Lengkap " bagaimana mengerjakan UKG online 2015. silahkan di share juga jika tutorial ini begitu penting untuk di bagikan kepada publik.
Terima kasih atas perhatiannya.. semoga bermanfaat buat kita semua.
dan sukses buat UKG 2015


Selasa, 03 November 2015

Kisah Taufiq Effendi, tuna netra raih beasiswa dari 8 negara



Merdeka.com - Taufiq Effendi, menjadi tuna netra sejak berusia 10 tahun. Namun siapa sangka, pria asal Bandung, Jawa Barat, ini berhasil menerima delapan beasiswa di luar negeri, dan berhasil lulus dengan predikat cum laude.

Taufiq memang sempat menjalani hidup yang tak mudah. Dirinya tertabrak kendaraan ketika usia enam tahun, yang mengakibatkannya harus menyandang status sosial baru sebagai tuna netra. Belum lagi Taufiq pernah mengalami putus sekolah dan mendapat diskriminasi pendidikan serta pekerjaan akibat keadaan fisiknya tersebut.

Namun hal itu tak memudarkan semangat untuk mewujudkan mimpinya. Dengan usaha dan semangat menggebu, akhirnya Taufiq berhasil mengukir sejarah besar dalam hidupnya. Dirinya menyelesaikan Sarjananya di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta dalam waktu 3,5 tahun dengan predikat Cum Laude. Bukan hanya itu saja, dia pun menjadi wisudawan terbaik fakultas dan berhasil menghirup udara di permukaan bumi lain dengan memenangkan sejumlah beasiswa luar negeri.

Berdasarkan Global Umaro Education (GLUE) Institute, yakni salah satu program beasiswa penuh pendidikan bahasa Inggris bagi masyarakat tidak mampu atau memiliki keterbatasan fisik/ tuna daksa yang dibuat Taufiq, Taufiq sudah mendaratkan kakinya di Malaysia, Jepang, Inggris, Skotlandia, Uni Emirat Arab, Belanda, Amerika Serikat.

Tepat Januari 2013, Taufiq pergi menimba ilmu ke negeri Kangguru dengan beasiswa penuh dari Australian Development Scholarship. Dirinya pun berhasil menyelesaikan dua Master of Education dalam bidang Pengajaran bahasa Inggris dan dalam bidang Evaluasi Pendidikan dari University of New South Wales.

Keberuntungan seolah selalu menyertai Taufiq, di tengah masa studi, dirinya direkrut menjadi assistant researcher untuk sebuah proyek penelitian untuk Australian Research Council di tahun 2013 akhir. Selanjutnya, di tahun 2014 Taufiq direkrut untuk menjadi independent research consultant untuk sebuah pryek penelitian besar, kolaborasi antara Australian National University dan Department of Immigration and Border Protection, pemerintah Australia.

Meski sudah mendapat segala keberhasilan di negeri orang, Taufiq tak lupa dengan tempat dia berasal. Taufiq kembali ke Indonesia, dan menetap di Bandung bersama istri dan dua anaknya. Dengan kemudian membangun mimpi membesarkan sebuah lembaga pendidikan bernama Global Umaro Education (GLUE) Institute. Salah satu program yang dibuat lembaganya adalah beasiswa penuh pendidikan bahasa Inggris bagi masyarakat tidak mampu atau memiliki keterbatasan fisik/ tuna daksa.

sumber: http://www.merdeka.com/peristiwa/kisah-taufiq-effendi-tuna-netra-raih-beasiswa-dari-8-negara.html